SURGA Hanya Untuk Orang Yang Seperti Ini

PangandaranMengaji.com - SURGA Hanya Untuk Orang Yang Seperti Ini

Berkata Ibnul Qayyim al-Jauziyyahrahimahullah,

Sungguh seorang hamba tidak akan mungkin masuk ke dalam surga kecuali dengan sebuah tempaan untuk menjadi baik. Yaitu membersihkan imannya dan pengenalannya kepada Allah dari kotoran-kotoran dosa. Karena surga adalah sesuatu yang baik sehingga tidak akan masuk surga kecuali orang yang baik.

Karena itu malaikat berkata kepada penduduk surga,

سَلَامٌ عَلَيْكُمْ طِبْتُمْ فَادْخُلُوهَا خَالِدِين

Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu, karena engkau telah menjadi baik, maka masukilah surga ini, sedang kamu kekal di dalamnya“. [QS. Az Zumar: 73]

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

الَّذِينَ تَتَوَفَّاهُمُ الْمَلَائِكَةُ طَيِّبِينَ ۙ يَقُولُونَ سَلَامٌ عَلَيْكُمُ ادْخُلُوا الْجَنَّةَ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

(yaitu) orang-orang yang diwafatkan dalam keadaan baik oleh para malaikat dengan mengatakan (kepada mereka): “Salaamun’alaikum, masuklah kamu ke dalam surga itu disebabkan apa yang telah kamu kerjakan” [QS. AnNahl: 32]

Di surga tidak ada tempat untuk kejelekan.
Tempaan atau proses untuk menjadi baik di dunia dengan melakukan empat perkara:

Taubat.Istighfar.Kebaikan yang menghapus dosa.Ujian dan cobaan yang menghapus dosa.

Dan jika 4 perkara ini tidak cukup untuk membersihkan kejelekan dan dosanya, maka kotoran-kotoran tersebut akan dibersihkan di dalam alam barzah dengan tiga perkara:

Do’a minta keselamatan dari orang-orang beriman kepadanya, doa permintaan ampun untuknya, dan syafaat mereka kepadanya.Fitnah atau ujian di alam kubur.Petunjuk yang diikuti oleh kaum muslimin yang telah disampaikan nya (ketika dia di dunia).

Kalau perkara yang tiga ini belum mampu untuk membersihkan kotoran dosanya maka dia akan dibersihkan di tempat berkumpul di akhirat dengan 3 perkara.

Huru-hara hari kiamat dan beratnya kondisi mauqif (tempat dikumpulkannya manusia).Syafaat dari orang-orang yang bisa memberi syafaat.Ampunan dari Allah subhanahu wa ta’ala.

Namun jika ini juga belum mampu untuk membersihkan kotoran-kotoran dosanya, maka dia akan dimasukkan ke dalam neraka sebagai kasih sayang Allah ta’ala terhadap hak orang tersebut untuk dibersihkan di dalam neraka. Api neraka akan menjadi pembersih dosa baginya dan menghilangkan kotoran dosa-dosanya. Dia akan tinggal di dalam neraka sesuai dengan banyak sedikitnya kotoran dosanya. Sesuai dengan tingkat kesulitan dan mudahnya kotoran dosanya terlepas darinya serta kelengketan dosanya.

Apabila telah keluar dan bersih dosanya, maka jadilah dia orang yang bersih dari dosa dan menjadi orang yang baik, Allah pun akan mengeluarkan dia dari neraka dan memasukkannya ke dalam surga [Madarijus Salikin: 1/463-468].

Demikian ringkasan khutbah Jum’atUstadz Abu Ubaidillah Bambang al-Atsariy hafidahullah dengan judulSurga Hanya Untuk Orang Baik pada 24 Jumadal Awwal 1437  atau 4 Maret 2016 di Masjid Al-Ikhlas , Jl. Regge kota Makassar. Audionya silahkan didownload disini. Semoga bermanfaat.

Dapatkan update artikel terbaru dengan memasukkan alamat email anda dibawah ini:

0 Response to "SURGA Hanya Untuk Orang Yang Seperti Ini"

Post a Comment

klik disini